Keluarga Mahasiswa Minangkabau (KMM) Ciputat Adakan Pagelaran Minang Art and Culture Festival (MACF) 2019

Laman Utama Liputan Mahasiswa

Keluarga Mahasiswa Minangkabau Ciputat,  bakal  menggelar Minang Art And Culture Festival pada Sabtu, 30 November 2019. Minang Art And Culture Festival (MACF) 2019 merupakan kegiatan perpaduan antara pertandingan olahraga futsal antar mahasiswa dari berbagai organisasi kedaerahan yang ada di Jabodetabek pada tanggal 23-24 November 2019 bertempat di Futsal Camp Ciputat, Seminar Nasional, dan festival kuliner Minang serta pertunjukan berbagai seni budaya Minang pada tanggal 30 November 2019.

Ketua umum KMM Ciputat Fajar Alief Muhammad  menjelaskan bahwa festival yang diselenggarakan KMM Ciputat  ini merupakan salah satu langkah mahasiswa Minang di perantauan dalam hal melestarikan budaya dan seni Minangkabau.

“Bukan itu saja, Minang Art  and Culture Festival juga akan menampilkan pameran pakaian daerah Minangkabau, olahraga futsal, dan kuliner lokal ” ujar Fajar Alief Muhammad, Kamis (29/10/2019).

Khodaddad Azizi selaku Ketua Pelaksana Minang Art and Culture Festival juga mengatakan Bahwa seluruh peserta yang hadir sebelum menyaksikan penampilan festival, mereka sebelumnya akan mengikuti seminar nasional yang membahas mengenai degradasi adat Minangkabau di era millenial dan pengaktualisasian adat dalam bersikap sehari-hari  bertempat di Aula Syahida  INN UIN Jakarta.

“Dalam seminar nasional nanti kami berencana akan mengundang pemateri yang sangat konsen di bidang kebudayaan Minangkabau, dan pendidikan, seperti Prof. Dr. Fasli Jalal, Phd Wakil Ketua Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010, Dr. Burmalis Ilyas Direktur Diospora Minang Network, dan Prof. Dr. Muchtar Naim sebagai Antropolog dan Sosiolog Indonesia. Namun untuk sekarang masih pada tahap konfirmasi” tutur Khodaddad Azizi, Kamis (29/10/2019)

Ketua MPR RI Periode 2019-2024 Bambang Soesatyo dalam waktu senggangnya ketika menghadiri kegiatan Festival Sumpah Pemuda di CFD Gelora Bung Karno (27/10/2019) mengatakan kepada KMM Ciputat “Mengajak masyarakat jangan lupa menghadiri kegiatan Minang Art And Culture Festival 2019 yang diadakan oleh KMM Ciputat di Aula Syahida  INN UIN Jakarta, karena kegiatan tersebut salah satu langkah pemuda Indoensia dalam melestarikan budaya daerah mereka ,” ujarnya.

Minang Art  and Culture Festival 2019 bertujuan untuk mempromosikan budaya dan adat Minangkabau kepada pemuda pemudi secara khusus dan wisatawan lokal serta mancanegara secara umum. Selain itu dari hasil seminar nasional nanti diharapkan para gernerasi muda Minangkabau dapat mengambil pembelajaran sehingga bisa mengaktualisasikan budaya dan adat Minangkabau pada kehidupan sehari-hari mereka.

Selain itu Yonnoviar, selaku Ketua Ikatan Keluarga Minangkabau, mengucapkan apresiasi kepada  KMM Ciputat atas pagelaran yang akan dilakukan nanti.  “Kami mengapresiasi kreativitas pemuda pemudi Minang dan komunitas serta para seniman untuk mempromosikan seni dan budaya Minangkabau. Kami juga optimis, ini akan mempromosikan seni budaya Minangkabau hingga ke dunia luar, serta memberikan dampak yang baik bagi masyarakat” ujar Yonnoviar, Jumat (18/10/2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *