Sisi Lain Transformasi Arab Saudi

Laman Utama Opini Slide Atas

Opini Muhammad Yusuf el-Badri
Perkembangan berita sekitar Arab Saudi semakin hari semakin menarik untuk dicermati. Arab Saudi yang selama ini merupakan pusat gerakan pemikiran dan doktris Islam Wahhabi, menjelang 100 tahun usia kerajaan Arab Saudi, terjadi perubahan signifikan dalam berbagai bidang, baik ekonomi, politik, sosial, pemikiran dan kebudayaan.

Perkembangan terbaru adalah penggantian menteri kerajaan dan ditangkapnya sejumlah pengeran dan mantan menteri oleh komite anti korupsi. Selain kerajaan yang semakin otoritarian, semuanya tampak akan mengalami perubahan signifikan. Perubahan yang tak kalah penting selain ekonomi dan politik adalah perubahan corak pemikiran keagamaan dan sosio-kultural masyarakat Arab Saudi. Inilah sisi lain menjadi tema pokok dalam tulisan ini.

Sebelum penangkapan mantan Menteri dan Pangeran kerajaan, pemerintahan Arab Saudi lebih dulu melakukan pemecatan terhadap para imam masjid yang dianggap ekstrim di Arab Saudi. Melalui menteri luar negeri dijelaskan bahwa pemerintahan Arab Saudi tidak akan membiarkan penyebaran ideologi kebencian dan mendukung ideologi terorisme atau semacamnya.

Apa hubungan antara ideologi kebencian dengan imam masjid? Hal itu tida