Menggunakan Command Prompt Untuk Mengatasi Ntldr Is Missing | SIMAK.CO.ID

Menggunakan Command Prompt Untuk Mengatasi Ntldr Is Missing

Cara Mengatasi Ntldr Is Missing – Hello Sobat simak.co.id, apakah kamu pernah mengalami masalah NTLDR is Missing saat booting komputer? Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana Menggunakan Command Prompt Untuk Mengatasi Ntldr Is Missing. NTLDR Is Missing adalah pesan kesalahan yang mungkin muncul saat memulai komputer dengan sistem operasi Windows.

Pesan ini menunjukkan bahwa file NTLDR yang penting untuk memulai Windows tidak dapat ditemukan. Jika Anda menghadapi masalah ini, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mengatasi masalah ini tanpa harus menginstal ulang sistem operasi. Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengatasi pesan kesalahan “NTLDR Is Missing” menggunakan Command Prompt.

Point – Point Penting

  • NTLDR adalah file penting dalam sistem operasi Windows yang diperlukan untuk booting.
  • Jika muncul pesan error “NTLDR is Missing”, artinya file tersebut tidak dapat ditemukan saat booting.
  • Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakan Command Prompt pada Windows Recovery Environment.
  • Langkah-langkahnya antara lain: boot dari DVD Windows, pilih bahasa dan tekan Next, klik Repair your computer, pilih Command Prompt, ketik beberapa perintah untuk memperbaiki masalah.

Memahami “NTLDR Is Missing”

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami apa yang menyebabkan pesan kesalahan “NTLDR Is Missing” muncul. File NTLDR bertanggung jawab untuk memulai Windows, dan jika file ini hilang atau rusak, komputer tidak akan bisa memulai sistem operasi. Beberapa penyebab umum dari pesan kesalahan ini adalah kerusakan pada file NTLDR, masalah dengan konfigurasi boot.ini, atau kerusakan pada hard drive. Dengan memahami penyebab potensialnya, kita dapat menggunakan Command Prompt untuk mengatasi masalah ini.

READ MORE  Optimasi Query Adalah

 

Langkah-langkah Menggunakan Command Prompt untuk Mengatasi NTLDR is Missing

Menjalankan Komputer dalam Mode Pemulihan

Langkah pertama adalah menjalankan komputer dalam Mode Pemulihan. Untuk melakukannya, restart komputer Anda dan tekan tombol yang sesuai (biasanya F8) saat logo produsen komputer muncul. Kemudian, pilih opsi “Mode Pemulihan” dari menu yang muncul. Ini akan membawa Anda ke lingkungan pemulihan Windows.

Pertama, masukkan DVD Windows ke dalam komputer dan restart. Tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke menu boot (biasanya F12 atau Del). Pilih DVD Windows dan tekan Enter.

Menggunakan Command Prompt

Setelah masuk ke Mode Pemulihan, pilih opsi “Command Prompt” dari menu yang tersedia. Ini akan membuka jendela Command Prompt di mana Anda dapat memasukkan perintah untuk mengatasi pesan kesalahan “NTLDR Is Missing”. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Periksa Partisi Aktif: Ketik perintah “diskpart” di Command Prompt dan tekan Enter. Kemudian, ketik “list volume” untuk melihat daftar partisi yang ada di komputer Anda. Pastikan partisi sistem (biasanya C:) memiliki status “Aktif”. Jika tidak, ketik “select volume x” (x adalah nomor partisi sistem) dan kemudian “active” untuk mengaktifkannya.
  2. Perbaiki Boot Sector: Ketik perintah “bootrec /fixboot” di Command Prompt dan tekan Enter. Perintah ini akan memperbaiki boot sector pada partisi sistem.
  3. Perbaiki MBR (Master Boot Record): Ketik perintah “bootrec /fixmbr” di Command Prompt dan tekan Enter. Perintah ini akan memperbaiki MBR komputer Anda.
  4. Rekonfigurasi Boot.ini: Ketik perintah “attrib -r -s -h c:\boot.ini” di Command Prompt dan tekan Enter. Kemudian, ketik “del c:\boot.ini” dan tekan Enter. Perintah ini akan menghapus file boot.ini yang mungkin rusak. Jika Anda menggunakan Windows 7 atau versi yang lebih baru, langkah ini tidak diperlukan.
  5. Memperbaiki Boot Configuration Data: Ketik perintah “bcdedit /createstore c:\bcdtemp” di Command Prompt dan tekan Enter. Kemudian, ketik “bcdedit /store c:\bcdtemp /set {bootmgr} device partition=c:” dan tekan Enter. Langkah ini akan membuat file baru untuk Boot Configuration Data (BCD) dan mengkonfigurasi drive sistem yang benar.
  6. Restart Komputer: Setelah semua perintah di atas selesai, ketik “exit” di Command Prompt dan tekan Enter. Kemudian, restart komputer Anda dan periksa apakah pesan kesalahan “NTLDR Is Missing” telah teratasi.
READ MORE  Web Optimization Software Solution: Solusi Optimalisasi Website Yang Efektif

“Command Prompt adalah alat yang sangat berguna untuk memperbaiki masalah di Windows, termasuk masalah NTLDR is Missing. Dengan beberapa perintah sederhana, masalah tersebut dapat diatasi.”

FAQ

Q: Apakah perlu menggunakan DVD Windows asli?

A: Ya, karena perintah-perintah yang digunakan untuk memperbaiki masalah NTLDR is Missing terdapat di DVD Windows.

Q: Apakah file NTLDR harus ditempatkan di drive C:?

A: Ya, karena file tersebut harus berada di root directory drive sistem.

Kesimpulan

Mengatasi pesan kesalahan “NTLDR Is Missing” bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan menggunakan Command Prompt, Anda dapat memperbaiki masalah ini tanpa harus menginstal ulang sistem operasi. Dalam artikel ini, kami membahas langkah-langkah yang harus diikuti untuk menggunakan Command Prompt dan mengatasi pesan kesalahan tersebut. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan Command Prompt, dan jika Anda tidak yakin, disarankan untuk mencari bantuan dari ahli komputer yang berpengalaman.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa menggunakan Command Prompt adalah cara efektif untuk mengatasi masalah NTLDR is Missing. Langkah-langkahnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan memiliki DVD Windows asli.

Demikian penjelasan dari kami tentang Menggunakan Command Prompt untuk Mengatasi NTLDR is Missing, Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ya! Terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar