Dasar Yang Dipakai Untuk Menghitung Bop Apabila Terdapat Variasi Dalam Waktu Penggunaan Mesin Adalah | SIMAK.CO.ID

Dasar Yang Dipakai Untuk Menghitung Bop Apabila Terdapat Variasi Dalam Waktu Penggunaan Mesin Adalah

Hello Sobat MalangStore! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang dasar yang dipakai untuk menghitung BOP apabila terdapat variasi dalam waktu penggunaan mesin.

Dasar yang Dipakai untuk Menghitung BOP Apabila Terdapat Variasi dalam Waktu Penggunaan Mesin

BOP atau Biaya Overhead Pabrik adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya overhead pabrik meliputi biaya penyusutan mesin, biaya listrik, biaya air, biaya perawatan mesin, dan biaya lain-lain yang berkaitan dengan produksi. Untuk menghitung BOP, dasar yang dipakai adalah jam mesin atau waktu penggunaan mesin. Namun, apabila terdapat variasi dalam waktu penggunaan mesin, maka dasar yang dipakai adalah standar waktu penggunaan mesin. Standar waktu penggunaan mesin adalah waktu penggunaan mesin yang telah ditentukan oleh perusahaan berdasarkan pengalaman atau pengujian sebelumnya.

Berbagai Layanan yang Terkait dengan Dasar yang Dipakai untuk Menghitung BOP Apabila Terdapat Variasi dalam Waktu Penggunaan Mesin

Berikut adalah beberapa layanan yang terkait dengan dasar yang dipakai untuk menghitung BOP apabila terdapat variasi dalam waktu penggunaan mesin:

Layanan Deskripsi
Penentuan Waktu Standar Layanan untuk menentukan waktu standar penggunaan mesin berdasarkan pengalaman atau pengujian sebelumnya.
Pemantauan Waktu Penggunaan Mesin Layanan untuk memantau waktu penggunaan mesin secara real-time agar dapat menghitung BOP dengan akurat.
Perbaikan dan Perawatan Mesin Layanan untuk memperbaiki dan merawat mesin agar dapat beroperasi dengan optimal dan mengurangi variabilitas waktu penggunaan mesin.
READ MORE  Materi Bahasa Sunda Kelas 7 Semester 1

Langkah-langkah Membuat Dasar yang Dipakai untuk Menghitung BOP Apabila Terdapat Variasi dalam Waktu Penggunaan Mesin

Penentuan Waktu Standar

  1. Tentukan mesin yang akan dihitung BOP-nya.
  2. Tentukan variabel-variabel yang mempengaruhi waktu penggunaan mesin, misalnya jumlah bahan baku yang diproses, jumlah produk yang dihasilkan, dan lain-lain.
  3. Lakukan pengujian pada mesin untuk menentukan waktu penggunaan mesin yang optimal.
  4. Buat catatan waktu penggunaan mesin pada setiap pengujian.
  5. Hitung rata-rata waktu penggunaan mesin dari catatan yang telah dibuat.
  6. Tentukan waktu standar penggunaan mesin dengan mengambil rata-rata waktu penggunaan mesin dan menambahkan margin kesalahan yang telah ditentukan.

Pemantauan Waktu Penggunaan Mesin

  1. Pasang alat pemantau waktu penggunaan mesin pada mesin yang akan dihitung BOP-nya.
  2. Lakukan kalibrasi pada alat pemantau waktu penggunaan mesin agar dapat mengukur waktu dengan akurat.
  3. Mulai produksi dan catat waktu penggunaan mesin pada setiap produksi.
  4. Hitung BOP dengan menggunakan standar waktu penggunaan mesin yang telah ditentukan.

Perbaikan dan Perawatan Mesin

  1. Tentukan jadwal perawatan mesin yang optimal.
  2. Lakukan perawatan mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  3. Lakukan perbaikan mesin apabila terdapat kerusakan.
  4. Lakukan pengujian setelah perbaikan mesin untuk menentukan apakah waktu penggunaan mesin telah kembali ke standar atau belum.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perusahaan dapat menghitung BOP dengan akurat meskipun terdapat variasi dalam waktu penggunaan mesin.

“Menghitung BOP dengan akurat sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan harga jual produk yang tepat.”

FAQ

  1. Apakah BOP selalu dihitung dengan dasar waktu penggunaan mesin?
    Tidak selalu. Ada beberapa perusahaan yang menggunakan dasar lain untuk menghitung BOP, seperti jumlah produk yang diproduksi atau biaya tenaga kerja langsung.
  2. Apakah standar waktu penggunaan mesin selalu sama?
    Tidak selalu. Standar waktu penggunaan mesin dapat berubah apabila terdapat perubahan pada variabel-variabel yang mempengaruhi waktu penggunaan mesin.
  3. Apakah perawatan mesin dapat mengurangi variabilitas waktu penggunaan mesin?
    Ya, perawatan mesin yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi variabilitas waktu penggunaan mesin dan meningkatkan efisiensi produksi.
READ MORE  Lengkap ! Materi Bk Kelas 8 Semester 2

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari kami tentang dasar yang dipakai untuk menghitung BOP apabila terdapat variasi dalam waktu penggunaan mesin. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, perusahaan dapat menghitung BOP dengan akurat dan memperbaiki efisiensi produksi. Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ya! Terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar